Imlek, Dua Tahanan Samarinda Bebas bersyarat

MR Saputra
Samarinda, helloborneo.com – Pada saat Imlek Kementrian Hukum dan Ham (Kemenhumham) Kantor Wilayah Kalimantan Timur, memberikan dua warga tahanan Lapas Bayur remisi atau pengurangan masa tahanan. Remisi merupakan pengurangan masa pidana yg diberikan untuk tahanan berkelakuan baik yang memenuhi syarat.

Menurut Kepala Divisi Pemasyarakatan Kemenhumham Kalimantan Timur, Hermawan Yulianto yang paling sederhana warga binaan mampu disiplin berbaris. “Apakah program pembinaan selalu diikuti, termasuk pembinaan kesadaran beragama, atau tidak diikuti. Juga keterlibatan dalam program niat untuk mengikuti program,” ucapnya.

Dia juga menambahkan, warga yang telah memenuhi persyaratan sesuai undang-undang mendapat remisi sebagai katalisator sekaligus agar narapidana selalu berkelakuan baik, untuk nantinya tidak mengalami kesulitan dalam reintegrasi sosial. Remisi akan diberikan pada warga binaan yang telah menjalani 6 bulan tahanan.

“Ada dua orang yang kami berikan remisi. Dan untuk nama kami rahasiakan. Setiap orang mendapat satu bulan remisi,” jelas Hermawan. Untuk saat ini pihaknya masih menunggu keputusan Kementrian. Sementara itu rentannya pengendalian distribusi narkoba melalui lapas juga terus dipantau.

“Kami sedang melakukan upaya pembongkaran pegawai terlibat peredaran di lapas,” papar hermawan.
Hukuman disiplin akan diberikan mulai dari yang berat hingga ringan. Dia menilai Lapas berpotensi besar membantu tahanan nakal yang mengendalikan jaringan melalui handphone. “Kami akan terus adakan inspeksi,” tambahnya.

Berdasarkan Pasal 1 Ayat 1 Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 174 Tahun 1999, remisi adalah pengurangan masa pidana yang diberikan kepada narapidana dan anak pidana yang telah berkelakuan baik selama menjalani pidana.

Dan Pasal 1 Ayat 6 Peraturan Pemerintah No. 32 Tahun 1999, remisi adalah pengurangan masa pidana yang diberikan kepada narapidana dan anak pidana yang telah memenuhi syarat-syarat yang ditentukan dalam peraturan perundang-undangan. (rol)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.