Ribuan Peserta Akan Ikuti Pekan Daerah KTNA di Penajam

Bagus Purwa

 

Kepala Kantor Ketahanan Pangan dan Penyuluhan Kabupaten Penajam Paser Utara, Surito Widarie (Dika - Hello Borneo)

Kepala Kantor Ketahanan Pangan dan Penyuluhan Kabupaten Penajam Paser Utara, Surito Widarie (Dika – Hello Borneo)

Penajam, helloborneo.com – Sekitar 2.500 peserta akan mengikuti kegiatan Pekan Daerah Kontak Tani dan Nelayan Andalan (KTNA) tingkat Provinsi Kalimantan Timur yang akan digelar di Kecamatan Babulu, Kabupaten Penajam Paser Utara, pada 10-15 Mei 2016.

“Terdata sebanyak 2.300 peserta utama dari 10 kabupaten/kota se Kalimantan Timur, dan sekitar 200 peserta peninjau dari beberapa provinsi lain akan mengikuti Pekan Daerah KTNA tingkat provinsi,” jelas Kepala Kantor Ketahanan Pangan dan Penyuluhan Kabupaten Penajam Paser Utara, Surito Widarie saat dihubungi di Penajam, Selasa.

Menurutnya, kegiatan Pekan Daerah KTNA tingkat provinsi tersebut dipusatkan di Desa Gunung Mulia, Gunung Intan dan Desa Gunung Makmur di Kecamatan Babulu. Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, telah menyiapkan sekitar 350 rumah layak huni untuk peserta dari luar daerah.

“Peserta dari luar daerah akan ditampung di rumah masyarakat, sudah kami persiapkan 350 rumah warga ditiga desa sebagai pusat kegiatan pekan daerah tingkat provinsi itu,” ujar Surito Widarie.

Kegiatan Pekan Daerah tingkat Provinsi Kalimantan Timur tersebut lanjut dia, merupakan suatu forum pertemuan para kontak tani nelayan sebagai media konsolidasi, komunikasi, dan informasi kontak tani (pelaku utama) dengan pemerintah serta “stakeholder” atau pelaku usaha.

“Pekan daerah KTNA itu wadah komunikasi, lomba, penyampaian terkait teknologi serta pertemuan dengan elemen petani dan nelayan untuk meningkatkan ilmu dan pengetahuan,” kata Surito Widarie.

“Kegiatan ini sifatnya ajang komunikasi, lomba, penyampaian tentang teknologi, pertemuan eks petani Jepang yang sudah terlatih, direncanakan di kegiatan tersebut dilaksanakan Kecamatan Babulu, tepatnya di tiga Desa yaitu Desa Gunung Mulia, Desa Gunung Makmur serta Desa gunung Intan,”ujarnya.

Seluruh SKPD (satuan kerja perangkat daerah) terkait di lingkungan Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, tambahnya, bekerja sama untuk menyukseskan kegiatan Pekan Daerah KTNA tersebut, yang diharapkan akan berdampak ganda menguntungkan masyarakat di Kecamatan Babulu.

“Kegitan pekan daerah itu juga merupakan langkah awal menuju Pekan Nasional KTNA yang akan digelar pada 2017 di Provisnsi Aceh,” kata Surito Widarie. (adv/bp/*esa)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.