Disdikpora Penajam: Lindungi Pelajar Dari Narkoba

Subur Priono – Humas Setkab Penajam Paser Utara

 

Kadisdikpora Kabupaten PPU, Marjani (AH Ari B - Hello Borneo)

Kadisdikpora Kabupaten PPU, Marjani (AH Ari B – Hello Borneo)

Penajam, helloborneo.com – Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, meminta seluruh elemen masyarakat ikut berperan serta untuk melindungi pelajar dari penyalahgunaan dan peredaran narkoba.

Kepala Disdikpora Kabupaten Penajam Paser Utara, Marjani di Penajam, Selasa menyatakan prihatin terhadap peredaran narkoba di daerah setempat, dan upaya untuk melindungi pelajar dari bahaya narkoba tanggung jawab semua pihak.

“Bukan hanya pemerintah, sekolah atau Badan Narkotika Kabupaten atau BNK dan aparat keamanan saja yang bertanggungjawab terkait masalah narkoba,” ujanya.

“Yang terpenting peran orang tua, karena waktu yang dimiliki pelajar sangat banyak di lingkungan keluarga,” kata Marjani.

Peran guru dan pihak sekolah lanjut dia, hanya ketika siswa masih di lingkungan sekolah. Setelah jam sekolah usai, maka guru dan pihak sekolah sudah tidak mamantau aktivitas para pelajar tersebut.

Marjani mengimbau, orang tua agar terus memantau aktivitas keseharian anak-anak mereka di lingkungan rumah, serta menanamkan paham keagamaan kepada anak.

Para pelajar menurutnya, sangat rentan dan berpotensi besar dijadikan objek peredaran narkoba. Mengingat kondisi kejiwaan para pelajar masih labil dan sangat mudah dipengaruhi oleh siapa pun.

“Jadi proteksi dini untuk membentengi para pelajar dari ancaman bahaya narkoba itu sangat penting dilakukan,” tegas Marjani.

Ia juga berharap, masyarakat berperan aktif dalam mengawasi penyalahgunaan dan peredaran narkoba, ketika mengetahui adanya tindak penyalahgunaan dan peredaran narkoba segara melapor kepada pihak kepolisian agar ditindaklanjuti sesuai aturan.

“Ke depan Disdikpora akan melakukan sosialisasi terkait bahaya narkoba serta memberikan pemahaman agama kesetiap sekolah, untuk saat ini masih terkendala anggaran yang ada,” jelas Marjani. (adv/bp/*rol)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.