2.578 Siswa SMP Penajam Siap Ikuti UN

AH Ari B

 

Penajam, helloborneo.com – Sebanyak 2.578 siswa SMP sederajat di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, siap mengikuti Ujian Nasional yang dilaksanakan pada 9-12 Mei 2016, baik untuk UN berbasis lembar kertas maupun berbasis komputer.

“Peserta UN sebanyak itu dari 31 SMP negeri dan swasta sederajat di Kabupaten Penajam Paser Utara,” kata Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Penajam Paser Utara, Marjani saat dihubungi helloborneo.com di Penajam, Senin.

Sebanyak 30 SMP menggelar UN berbasis kertas atau “Paper Based Test” (PBT), hanya satu SMP yang menggelar UN Berbasis Komputer (UNBK) yakni, SMP Negeri 2 di Kecamatan Sepaku.

Disdikpora Kabupaten Penajam Paser Utara, lanjut Marjani, telah melakukan berbagai persiapan untuk pelaksanaan UN, seperti pendataan nama peserta UN.

Semua peserta juga sudah siap yang dibuktikan dengan telah mengikuti uji coba, baik UN berbasis kertas maupun komputer atau ujian semi-dalam jaringan (online),

Kemudian semua pengawas juga sudah siap, bahkan kerja sama dengan kepolisian untuk mengawal materi UN hingga ke sekolah juga telah dikoordinasikan.

“Masing-masing sekolah telah melakukan “try out” atau uji coba untuk meningkatkan kematangan siswa dalam menghadapi UN,” ujar Marjani.

Ia opitismitis hasil UN SMP sedarajat pada tahun ini (2016) akan lebih baik dari tahun sebelumnya, karena melihat nila siswa peserta UN dari hasil uji coba secara kolektif mengalami peningkatan.

Marjani mengimbau, orang tua murid yang anak-anaknya akan mengikuti UN memberikan motivasi serta melakukan komunikasi dengan guru di sekolah.

Selain itu Disdikpora Kabupaten Penajam Paser Utara, tambahnya, juga terus menggenjot peningkatan kualitas pendidikan di seluruh jenjang pendikikan di daerah itu. (bp/*esa)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.