BPMPD Penajam Ikuti Pameran Teknologi Tepat Guna

Subur Priono – Humas Setkab Penajam Paser Utara

 

BPMPD Kabupaten Penajam Paser Utara ikuti pemeran Teknologi Tepat Guna di Kota Balikpapan (Subur Priono - HUmas Setkab Penajam Paser Utara)

BPMPD Kabupaten Penajam Paser Utara ikuti pemeran Teknologi Tepat Guna di Kota Balikpapan (Subur Priono – Humas Setkab Penajam Paser Utara)

Penajam, helloborneo.com – Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kabupaten Penajam Paser Utara, mengikuti pameran Teknologi Tepat Guna  tingkat Propinsi Kalimantan Timur yang digelar di Balikpapan 18-22 Juli 2016.

Kegiatan yang dibuka oleh Wakil Gubernur Kalimantan Timur Mukmin Faisyal HP tersebut diikuti peserta dari pemerintah, perusahaan, kalangan pendidikan dan pelaku Usaha Kecil Menengah di Kalimantan Timur.

Pameran Teknologi Tepat Guna itu menampilkan inovasi baru yang ada di daerah tersebut mengusung tema melalui Teknologi Tepat Guna kita wujudkan Kalimantan Timur berkinerja tinggi menuju masyarakat yang mandiri.

Kepala BPM-PD Kabupaten Penajam Paser Utara, Dul Azis saat ditemui, Selasa mengatakan, pameran itu digelar setiap tahun secara bergantian, 2015 dilaksanakan di Kabupaten Kutai Timur dan tahun ini (2016) digelar di Kota Balikpapan, 2017 akan dilaksanakan di Kabupaten Berau.

Sedangkan pameran Teknologi Tepat Guna tingkat nasional akan digelar di Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat pada November 2016.

Menurut Dul Azis, Kabupaten Penajam Paser Utara pada pameran Teknologi Tepat Guna kali ini menampilkan lemari pengering pakaian hasil modifikasi dari kegiatan laundry milik Darmadji warga kilometer 5 Kecamatan Penajam.

“Kegiatan dipusatkan di Gedung Dome Balikpapan itu menampilkan berbagai inovasi atau rancangan teknologi penemuan terbaru,” jelasnya.

Desty laundry yang dikelola Darmadji bersama istrinya tersebut menggunakan inovasi teknologi berupa lemari pengering pakaian sejak 2013, sehingga tidak ada kendala dalam menjalankan usaha laundry, meskipun pada musim penghujan.

“Kapasitas Lemari pengering pakaian itu tergantung besar kecilnya ukuran lemari. Sedangkan tabung yang digunakan bisa ukuran tiga kg maupun ukuran 12 kilogram,” kata Dul Azis.

“Inovasi teknologi tempat guna dari Darmadji pengelola laundry di Penajam itu salah satu inovasi yang dipemerkan, masih banyak inovasi masyarakat yang dipamerkan melalui BPMPD,” ungkapnya.

Dul Azis mengimbau, masyarakat Penajam Paser Utara, jika memiliki inovasi teknologi dapat menginformasikan ke BPMPD agar daoat diikutkan pada ajang pemaran Teknologi tepat Guna tingkat provinsi maupun nasional. (adv/bp/*rol)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.