Penajam Bangun Jalan Menuju Kutai Barat

AH Ari B

 

Bupati Penajam Paser Utara, Yusran Aspar (AH Ari B - Hello Borneo)

Bupati Penajam Paser Utara, Yusran Aspar (AH Ari B – Hello Borneo)

Penajam, helloborneo.com – Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, berencana membangun akses jalan dari Kelurahan Sote menuju Kecamatan Bongan yang masuk wilayah Kabupaten Kutai Barat.

“Rencana pembukaan jalan di wilayah Sotek, Kecamatan Penajam, menuju Bongan sedang dalam proses pinjam pakai kawasan,” kata Bupati Penajam Paser Utara Yusran Aspar, ketika dihubungi helloborneo.com di Penajam, Rabu.

Pembangunan akses jalan menuju Kecamatan Bongan yang masuk wilayah Kabupaten Kutai Barat tersebut menurut Bupati, jika terealisasi bisa menguntungkan dua daerah dan menghidupkan wilayah Sotek, serta bisa mengoptimalkan Pelabuhan Benuo Taka.

Yusran Aspar menjelaskan perencanaan teknis atau DED (detail engineering design) akses jalan dari Kelurahan Sote menuju Kecamatan Bongan itu sudah dibuat sejak 2004, dan saat ini pemerintah daerah menunggu selasainya proses pinjam pakai kawasan di tingkat pusat.

PT Balikpapan Forest Industries (BFI) selaku pemilik lahan lanjut Bupati, sudah memberikan persetujuan untuk pembukaan jalan baru menuju Kecamatan Bongan, karena lokasi proyek melalui lahan milik perusahaan itu.

Pembangunan jalan Sotek-Bongan tersebut direncanakan sepanjang 60 kilometer dengan lebar 50 meter sampai perbatasan Kabupaten Kutai Barat.

“Pembukaan jalan Sotek menuju Bongan itu sangat penting untuk membuka akses masyarakat menuju Kutai Barat dan sebaliknya,” ujar Yusran Aspar.

Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara berharap pembukaan akses jalan menuju wilayah Bongan tersebut mendapat respon positif dari Pemerintah Kabupaten Kutai Barat.

“Dengan adanya jalan Sotek-Bongan akan membuat akses masyarakat untuk keluar masuk Penajam Paser Utara-Kutai Barat dapat lebih mudah,” tambah Yusran Aspar. (adv/bp/*rol)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.