Kepala Desa Hasil Pilkades Serentak Segera Dilantik

Bagus Purwa

Dokumentasi Pilkades 2017.

Penajam, helloborneo.com – Sebanyak 15 kepala desa yang terpilih pada pemilihan kepala desa serentak tahap kedua di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, pada 27 November 2017, segera dilantik akhir 2017.

“Seluruh calon kepala desa yang terpilih atau memenangkan pertarungan rencananya akan dilantik pada Desember ini,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (DPMPD) Kabupaten Penajam Paser Utara Dul Azis, ketika ditemui helloborneo.com di Penajam, Kamis.

Rangkaian kegiatan pemilihan kepala desa (pilkades) serentak tahap kedua sudah rampung dan selanjutnya DPMPD Kabupaten Penajam Paser Utara akan menentukan pelaksanaan pelantikan kepala desa terpilih.

“Rencananya bulan ini dilakukan pelantikan kepala desa terpilih, tapi kami belum menentukan tanggalnya,” ujar Dul Azis.

Sampai saat ini, desa yang telah menyerahkan seluruh hasil penyelenggaraan pilkades baru dari Kecamatan Sepaku, sementara tiga kecamatan lainnya belum menyerahkan hasil pilkades serentak.

“Dari tujuh desa di Kecamatan Sepaku sudah mengusulkan penerbitan SK (surat keputusan) kepala daerah terkait pengangkatan kepala desa,” ucap Dul Azis.

Hingga berakhirnya pilkades serentak tahap kedua, belum ada kandidat yang kalah dalam pemilihan mengajukan gugatan ke Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara.

Pilkades serentak tahap kedua pada akhir November 2017 diikuti sebanyak dua desa di Kecamatan Penajam, satu desa di Kecamatan Waru, di Kecamatan Babulu lima desa, dan di Kecamatan Sepaku ada tujuh desa.

Sedangkan pilkades serentak tahap ketiga untuk dua desa di Kabupaten Penajam Paser Utara dijadwalkan pada 2018. Sebelumnya sebanyak 14 desa teleh menggelar pilkades tahap pertama pada 15 Desember 2015.

Perbedaan waktu pelaksanaan pemilihan kepala desa serentak di Kabupaten Penajam Paser Utara dikarenakan berakhirnya masa jabatan kepala desa tidak sama. (bp/hb)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.