Penajam Targetkan Penanaman Padi Mencapai 17.689 Hektare

Bagus Purwa

Sawah di Kabupaten PPU.

Penajam, helloborneo.com – Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, menargetkan penanaman padi pada musim tanam periode Oktober 2017 hingga Maret 2018 mencapai seluas 17.689 hektare.

Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura Dinas Pertanian Kabupaten Penajam Paser Utara Bambang Marjuki, saat ditemui helloborneo.com di Penajam, Kamis, mengatakan bahwa musim tanam padi pertama di wilayah Penajam Paser Utara telah dimulai sejak Oktober 2017 dan berakhir pada Maret 2018.

Sampai saat ini, lanjut Bambang Marjuki, lahan persawahan di wilayah Penajam Paser Utara yang sudah ditanami padi seluas 1.787 hektare.

Angka itu masih jauh dari target, sehingga pada Desember 2017 ditargetkan penanamam padi bisa mencapai seluas 10.702 hektare.

“Petani yang sudah melakukan panen periode Oktober 2016 hingga Maret 2017, saat ini sudah mulai mengolah lahan persawahan untuk musim tanam berikutnya,” jelas Bambang Marjuki.

Lahan persawahan di Kabupaten Penajam Paser Utara yang tersebar di empat kecamatan mayoritas berada di wilayah Kecamatan Babulu dengan luas lahan mencapai lebih kurang 8.000 hektare.

Sementara di wilayah Kecamatan Penajam luas lahan persawahan sekitar 2.100 hektare, sedangkan di wilayah Kecamatan Waru tercatat 4.900 hektare.

“Lahan persawahan di wilayah Kecamatan Sepaku yang ditanami padi hingga akhir 2017 mencapai lebih kurang 1.000 hektare,” tambah Bambang Marjuki.

Sedangkan untuk musim tanam pertama periode Januari-Maret 2018, Dinas Pertanian Kabupaten Penajam Paser Utara menargetkan luas lahan persawahan yang tertanami padi seluas 10.702 hektare.

Bambang Marjuki menyatakan dengan kondisi cuaca yang sedang bersahabat saat ini, luas tanam padi di wilayah Penajam Paser Utara bisa mencapai target yang telah ditetapkan tersebut. (bp/hb)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.