Disperpusip Kabupaten Penajam Adakan Lomba Bercerita Tingkat Kecamatan

Bagus Purwa

Perpustakaan Daerah di Kantor Kompleks Islamic Center Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara.

Penajam, helloborneo.com – Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, mengadakan lomba mendongeng dengan peserta pelajar tingkat SD/MI tingkat kecamatan untuk menumbuhkan minat baca serta menggairahkan kecintaan terhadap budaya bangsa bagi siswa dan siswi di daerah itu.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Penajam Paser Utara, Ridwan Effendi saat ditemui helloborneo.com, Selasa menjelaskan para peserta mendongeng atau bercerita berdasarkan buku cerita budaya lokal maupun budaya daerah lainnya yang mengandung nilai-nilai serta karakter yang baik.

Melalui lomba bercerita tersebut lanjut ia, diharapkan siswi dan siswi belajar mencintai budaya bangsa Indonesia dan mengangkat atau mempopulerkan kearifan lokal sekaligus membudayakan minat baca di kalangan pelajar tingkat Sekolah Dasar.

“Lomba dongeng untuk menumbuhkan kecintaan terhadap budaya bangsa dalam upaya membangun karakter, kecerdasan, kreativitas dan inovasi generasi muda,” ujar Ridwan Effendi.

“Diharapkan lomba bercerita itu menumbuhkan kegemaran anak-anak membaca dan kecintaan terhadap karya budaya bangsa melalui berbagai macam bacaan, konten serta kearifan lokal,” tambahnya.

Kemampuan membaca tegasnya, merupakan faktor penting dalam mengembangkan wawasan, pola pikir dan pemahaman terhadap beragam konteks kehidupan bermasyarakat.

Lomba mendongeng tersebut menurut Ridwan Effendi, dilaksanakan secara berjenjang, mulai tingkat kecamatan untuk menentukan perwakilan yang akan maju ke tingkat kabupaten.

Para siswa dan siswi yang berhasil meraih juara pertama di tingkat kabupaten maju ke tingkat provinsi, jika berhasil merebut juara pertama tingkat provinsi selanjutnya maju ke tingkat nasional.

Dinas Perpustakaan dan Arsip atau Disperpusip Kabupaten Penajam Paser Utara rutin mengadakan lomba bercerita tingkat SD/MI setiap tahun di daerah setempat sejak 2014.

“Kami akan gelar lomba dongeng tingkat kabupaten pada tahun ini (2020) pada 6 Juli. Peserta lomba bercerita adalah pelajar kelas empat dan lima SD/MI,” kata Ridwan Effendi.

“Kegemaran membaca harus ditanamkan dan dilatih pada anak-anak sedini mungkin, serta dilakukan secara berkelanjutan,” ucapnya lagi. (bp/hb)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.