Tidak Ada Penimbunan Minyak Goreng, Masyarakat Jangan Panic Buying

Roy MS

Balikpapan, helloborneo.com – Tim Satgas Pangan Polda Kaltim memeriksa sejumlah gudang distributor minyak goreng di kota Balikpapan dan Samarinda dalam beberapa hari terakhir.

Langkah tersebut sebagai respon kepolisian dalam menyikapi berhembusnya isu kelangkaan di pasaran.

Berdasar hasil pantauan, masalah ini telah menimbulkan gejolak di masyarakat. Beberapa gerai pasar modern diserbu sejumlah warga demi mendapatkan minyak goreng.

Kabid Humas Polda Kaltim Kombes Pol. Yusuf Sutedjo didampingi Kapolresta Balikpapan Kombes Pol. Thirdy Hadmiarso hasil pantauan distribusi minyak goreng di Kaltim.

Namun demikian, hasil pemeriksaan kepolisian belum mendapati indikasi penyimpangan distribusi maupun penimbunan. Kabid Humas Polda Kaltim Kombes Pol. Yusuf Sutedjo memastikan pengecekan yang dilakukan oleh pihaknya sekaligus menghimpun data stok opname di tiap gudang distributor.

“Ada tiga atau empat gudang dilakukan pengecekan. Sementara belum ditemukan penimbunan. Tidak ada penumpukan di situ,” kata Yusuf saat ditemui Rabu (9/3).

Tak sampai di situ, Satgas Pangan turut memantau alur pendistribusian hingga ke tingkat pengecer. Menurutnya, jumlah ketersedian di gudang distributor memang terbatas, yang mengindikasikan bahwa minyak goreng langsung terdistribusi sampai ke level hilir.

“Sedikit (stok, red), hanya untuk distribusi ke kios-kios atau toko-toko mungkin indomaret atau Alfamart. Jadi tidak mengendap,” sebutnya.

Ditegaskan pula, bahwa proses distribusi sampai saat ini masih sesuai dengan prosedur.  “Bisa dicek di toko-toko semua tersedia,” sambungnya.

Namun permasalahan yang kemudian muncul dari isu kelangkaan ini, justru masyarakat secara bersamaan berbondong ke berbagai penjual untuk membeli minyak goreng. Sehingga pasokan dari distributor jumlahnya cepat menyusut.

Untuk itu, Yusuf mengimbau masyarakat dalam kondisi saat ini agar tidak panic buying. Pasalnya distribusi minyak goreng masih terbilang normal.

“Gak perlu panic buying. Mungkin memang hari ini ada stok sedikit, tapi tiap hari tetap ada,” pungkasnya. (yor) 

BACA JUGA:

Minyak Goreng diecer di Atas HET, KPPU dalami Hasil Temuan di Pasar Moderen dan Tradisonal

Aksi Borong Minyak Goreng Memicu Kelangkaan, Kapolresta: Informasikan ke Saya Kalau Ada Penimbunan




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.